Tips Bagaimana Cara Ampuh Agar Smartphone Kamu Tidak Bisa Dilacak


Tips Bagaimana Cara Ampuh Agar Smartphone Kamu Tidak Bisa Dilacak - Smartphone kini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari, apalagi oleh generasi muda. Perkembangan smartphone bermula dari keinginan manusia untuk melakukan komunikasi yang mudah, tidak terhalang olah jarak dan waktu. Di sisi lain, pengguna smartphone akan senantiasa bisa dihubungi. Bahkan disaat yang tidak tepat dan yang paling mengerikan adalah posisi kita bisa dilacak oleh pihak-pihak tertentu.

Dengan menggunakan smartphone, kita memang dapat dengan mudah melakukan komunikasi dengan orang lain di lokasi yang berbeda. Tentunya kamu harus menggunakan layanan operator dan juga akses internet, dimana data smartphone kita tersimpan disana. Bagaimana jika suatu saat, kamu terjebak dalam situasi tertentu. Di mana kamu tidak ingin lokasinya diketahui dan tak ingin dilacak oleh siapapun. Dilansir dari PhoneArena, apapun alasan kamu. Berikut adalah saran dari seseorang yang mengklaim berhasil melepaskan diri dari incaran berbagai instansi di sejumlah negara.

Cara Agar Smartphone Tidak Dapat Dilacak Oleh Siapapun

1. Aktifkan Modus Airplane

Banyak orang yang beranggapan, dengan menonaktifkan modus seluler dan mengaktifkan modus airplane bisa membuat smartphone tak terlacak. Benar kah? Ternyata anggapan tersebut salah besar. Meskipun kamu sudah mengaktifkan modus Airplane, itu tak membuat firmware modem pada smartphone dengan sistem operasi Android atau iOS itu ikut off.
Jadi ketika koneksi seluler dinonaktifkan, sistem di smartphone masih tetap aktif dan masih terhubung ke jaringan. Sehingga, memungkinkan penyedia layanan alias operator bisa melacak keberadaan siapapun yang menggunakan layanannya.

2. Membuang Kartu SIM

Bagaimana jika kita membuang kartu SIM pada smartphone, apakah smartphone tetap dapat dilacak? Salah lagi, ternyata menyingkirkan kartu SIM tidak ada gunanya. Itu hanya akan menghilangkan jejak nomor telepon, sementara identitas smartphone yang terdaftar dalam waktu singkat dilacak lewat melalui perangkat seperti Stingray atau menara seluler. Sehingga dapat memperlihatkan lokasi umum kamu kepada pihak berwenang.

3. Mematikan Smartphone

Nah mematikan smartphone adalah langkah yang tepat agar smartphone tidak dapat dilacak. Tetapi, bagaimana jika ternyata kamu adalah 1 dari 10.000 orang yang kurang beruntung. Dimana ternyata, smartphone kamu telah terinfeksi malware bermana PowerOffHijack. Malware ini mampu menyamarkan proses shutdown dan membuat smartphone seperti dalam keadaan mati, padahal kenyataannya smartphone kamu cuma tertidur dan masih aktif.

4. Tidak Menggunakan Smartphone

Kalau yang ini anti-mainstream banget, solusi paling gampang agar tidak terlacak adalah tidak lagi menggunakan smartphone. Tapi, mana bisa sih kita hidup tanpa smartphone sekarang ini? Kita tetap butuh menghubungi seseorang kan agar semua tetap berjalan lancar?

5. Cabut Baterai

Solusi paling jitu, untuk memastikan smartphone tidak dapat dilacak adalah dengan cara mencabut baterai smartphone. Tanpa adanya daya listrik, smartphone kamu benar-benar dalam keadaan mati. Maka, smartphone kamu tidak akan dapat dilacak oleh siapa pun.

Sayangnya, kebanyakan smartphone saat ini hadir dengan desain unibodi. Dimana baterai menyatu dengan bodi smartphone. Kita tidak tahu, bagaimana kehidupan kita di masa depan. Jadi, apabila kamu terjebak dalam situasi dimana kamu harus menghilangkan keberadaan. Kamu harus punya smartphone dengan baterai yang dapat dilepas atau smartphone dengan desain modular. Apa pendapat kamu mengenai cerita Saya di atas? Sematkan komentar kamu ya.


EmoticonEmoticon